User Profile

Vaksimana Dimanamana

Bio Statement

Vaksin merupakan bagian dari proses imunisasi, yaitu penyuntikkan kekebalan tubuh buatan dengan pemberian antigen ke dalam tubuh seseorang untuk merangsang pembentukan antibodi terhadap penyakit tertentu. Vaksin hepatitis B merupakan salah satu imunisasi wajib yang perlu dilakukan orangtua pada anaknya yang baru lahir.

Penyakit hepatitis B merupakan penyakit pada hati atau liver yang diakibatkan oleh adanya infeksi virus hepatitis B. Penularan virus hepatitis B dapat terjadi melalui kontak cairan tubuh penderita seperti darah dan kontak seksual tanpa pengaman. 

Kontak darah bisa terjadi melalui  penggunaan jarum suntik bergantian, terkontaminasi dengan darah pada luka terbuka, ketika melakukan tatto dengan alat tidak steril, alat cukur, dan transfusi darah yang tidak steril. Termasuk pula penularan dari ibu yang terinfeksi hepatitis B kepada anak saat persalinan (penularan vertikal).  Hepatitis B tidak ditularkan melalui air liur.

Siapa saja yang dianjurkan untuk tes hepatitis B? Di antaranya ibu hamil, penderita yang akan menjalani hemodialisa, mereka yang punya riwayat menggunakan narkoba suntikan, mereka yang melakukan hubungan homoseksual, petugas kesehatan, serta masyarakat umum yang belum pernah menjalani vaksin hepatitis B. Jadi, calon suami Anda ada baiknya tes juga jika belum pernah vaksinasi hepatitis B.

Cara Mendapatkan Vaksinasi Hepatitis B

Vaksinasi hepatitis B termasuk dalam lima jenis imunisasi dasar yang biayanya disubsidi penuh oleh Pemerintah. Bayi dan anak dapat memperoleh vaksinasi hepatitis B, bersama dengan imunisasi BCG, Polio, DPT-HB dan campak secara gratis di Posyandu atau Puskesmas. Sedangkan, vaksinasi hepatitis B untuk orang dewasa dapat dilakukan di rumah sakit, berdasarkan kesadaran pribadi dan dengan biaya yang ditanggung sendiri.

Terinfeksi penyakit hepatitis B menjadi permasalahan yang sangat serius. Penderita hepatitis B memiliki risiko berkembangnya penyakit ini menjadi penyakit hati kronis yang menyebabkan penyakit sirosis (pengerasan hati) dan kanker hati sehingga membahayakan nyawa. Anda dapat mencegahnya dengan cara yang mudah: Lakukanlah vaksin hepatitis b di KlinikVaksinasi.com. Dengan vaksinasi hepatitis B ini, Anda dapat mencegah terkena hepatitis B ini, sekaligus mencegah penularannya kepada orang tercinta Anda!